Ant Akan Diblokir di Amerika Dalam Waktu Dekat?

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2020 by Yahya Kus Handoyo
Ant Akan Diblokir di Amerika Dalam Waktu Dekat?

Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk memberikan pembatasan pada Ant Group milik Jack Ma serta Tencent atas kekhawatiran bahwa platform pembayaran digital mereka mengancam keamanan nasional Amerika, banyak pihak mengatakan kalau ini adalah langkah yang berisiko membuat marah China mengingat Ant Group saat ini tengah memasuki IPO terbesar di dunia

Selama beberapa minggu terakhir, telah terjadi perdebatan yang sangat serius di antara para pejabat senior AS tentang pembatasan pada sistem pembayaran dua raksasa China itu. Namun menurut sumber yang terpercaya, keputusan resmi terkait hal ini sepertinya tidak akan dibuat dalam waktu dekat.

Perkembangan ini muncul saat kekhawatiran meningkat atas kemungkinan perusahaan fintech menjadi platform pembayaran digital yang dominan di seluruh dunia dan berpotensi memberikan akses China ke jutaan data pribadi orang.

Dalam sebuah pernyataan, Ant mengatakan tidak mengetahui adanya diskusi pembatasan di Amerika ini, karena apapun yang terjadi bisnisnya akan tetap berpusat di China dan berfokus pada “prospek pertumbuhan di pasar China”.

Ant baru-baru ini mengajukan IPO di bursa saham Hong Kong dan di Pasar STAR mirip Nasdaq Shanghai, dengan tujuan untuk mengumpulkan lebih dari US $ 20 miliar.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.